Kalau pengalaman saya sih :

Mailbox:
- Terdapat sebuah file yang terletak di direktori user tertentu yang menampung
semua email untuk user tersebut.

Maildir:
- Terdapat 3 buah subdirektori (new, cur, tmp) yang terletak di direktori user tertentu
dimana ketiga subdirektori tersebut akan menampung semua email untuk user tersebut,
sebuah email akan disimpan dalam sebuah file.
new = menyimpan email yang baru masuk.
cur = menyimpan email yang sudah pernah dibaca.
tmp = menyimpan email yang dalam proses (tapi saya belum pernah melihat file pada subdir ini :).

Menurut yang saya baca, format Maildir lebih baik dibandingkan Mailbox karena pada Maildir
tidak akan terjadi crash data email. Demikian sedikit sharing pengalaman dari saya.

CMIIW
salam
munir

kidx13 wrote:

kayaknya sama aja, untuk sebuah email web. karena umumnya penggunaanya
sebagai filter untuk email yg masuk untuk langsung disimpan ke tempat
folder tertentu. ataupun untuk pengaturan email masuk.
kalo untuk gmail pake istilah label

Sorry klo ngawur. Aku jg dalam proses blajar !!!
.kidx13.