Dedy wrote:
Dear all Linuxer ..!

mo tanya lagi ..!
Misalnya saya punya ip public 8 buah
Misalkan saya server ada 6 buah ....!

1 untuk mail server                                server.mail.com
1 untuk web server                                server.web.com
1 untuk server citrix                               server.citix.com
1 untuk gateway plus proxy                   server.gateway-proxy.com
1 untuk server dns server primary          server.dns1.com
1 untuk server dns server secondary      server.dns2.com

Pertanyaannya ..!
1. Gimana konfigurasi jaringan yang bagus dan secure?

Jaringan bisa bagus kalo cabling nya bagus demikian juga switch/router/hub yg dipakai, secure? itu tergantung adminnya.
Demikian juga servernya, untuk bisa secure tergantung adminnya, yg perlu anda lakukan adalah install semua servernya, kemudian berdasarkan distro yang anda pakai, patch semua security hole yg dimiliki distro anda.
Untuk deploy nya mungkin anda perlu taruh firewall di depan jaringan anda, mesin-mesin yg lain bisa konek ke internet melalui firewall tsb, tentu saja ini cuma salah satu pilihan, menaruh semua nya langsung di net juga saya kira bukan masalah, semuanya tergantung anda dan bagaimana keamanan server dan aplikasi yg anda jalankan (!).

2. Gimana contoh DNS nya?

Contoh lengkap anda bisa baca DNS-HOWTO, saya yakin cuma dengan membaca itu anda sudah bisa set DNS, kalau ada masalah anda bisa posting *contoh DNS* anda kesini.

3. Kira-kira distro apa yang cocok untuk konfigurasi di atas?

Yang cocok? ... _yang paling anda kuasai sekarang_, Debian based distro mungkin bagus kalau anda punya koneksi online, karena auto update feature nya, debian distro juga dikenal karena security by defaultnya bagus.
Saya pribadi menyarankan Slackware untuk server anda.
Suse juga bagus (kalau anda tanya Adi Nugroho dan anak2 KPLI Makassar)
Begitu juga Fedora Core (kalau anda tanya Beast)
Bingung kan? ... jadi kembali ke baris pertama, distro apa yg paling anda kuasai?

4. Software firewall apa yang bagus dan tangguh (IP Tables, Shorewall, dll)

iptables ... shorewall cuma configurator (dan biasanya malah bikin pusing), ada IPTABLES HOWTO juga di directory HOWTO anda.

ma'af kalo kebanyakan ... !

Iya ... waktu mo reply tadi juga sempat mikir, ini orang nanya maruk amat :P hehehehe
Saran saya, coba install paket dokumentasi distro yg akan anda pakai, baca semua HOWTO dan FAQ (/usr/doc/*) yg berhubungan dengan konfigurasi anda, pasti banyak masalah anda akan terpecahkan sebelum anda sempat mikir untuk nanya di milis.

rencananya kita mau migrasi ke linux ...!

Good for you ... daripada kena denda 500 juta ;)

Happy installing, rumy