rekans,

saya dapet pinjeman logitech webcam (usb) dari seorang teman. modelnya gak
tau persis tapi bentuk fisiknya seperti icon vanity webcam utility.

drivernya menggunakan qc-usb-0.6.2 yang saya ambil dari
http://qce-ga.sourceforge.net/ dan aplikasinya menggunakan xawtv
(http://bytesex.org/xawtv)

installasi drivernya cukup mudah:
1. extract file qc-usb-0.6.2.tar.gz
2. masuk ke direktori qc-usb-0.6.2
3. jalankan installernya:
   ./quickcam.sh
4. ikuti petunjuknya

sekedar untuk meyakinkan jalankan xawtv -noxv -c /dev/video0

buat file .webcamrc di /home yang isinya sbb:
[grab]
device = /dev/video0
text = "Abatasya %Y-%m-%d %H:%M:%S"
fg_red = 255
fg_green = 255
fg_blue = 255
width = 320
height = 240
delay = 3
wait = 0
input = camera
norm = pal
rotate = 0
top = 0
left = 0
bottom = -1
right = -1
quality = 75
trigger = 0
once = 0

[ftp]
host = 202.58.71.140
user = abatasya
pass = passwordftp
dir  = /home/abatasya/public_html/webcam/images
file = webcam.jpeg
tmp  = uploading.jpeg
passive = 1
debug = 0
auto = 0
local = 0
ssh = 0

kemudian jalankan webcam (sebagai user biasa)

saya gak bakat dalam tulis-menulis, mudah-mudahan tulisan saya ini bisa
dimengerti dan dapat berguna bagi rekan-rekan.

salam,
Abatasya.
http://abatasya.bahana.net/webcam