On Sat, Apr 23, 2005 at 05:29:33AM +0700, Slamet Widodo wrote:
> dari yang saya baca di man update-rc.d saya mendapat contoh seperti
> ini:
>
> EXAMPLES
>        Insert links using the defaults:
>           update-rc.d foobar defaults
>        Equivalent command using explicit argument sets:
>           update-rc.d foobar start 20 2 3 4 5 . stop 20 0 1 6 .
>
> tapi saya bingung apa artinya angka-angka itu?

Angka yg pertama itu urutan/prioritas start/stopnya. Kan waktu boot
ada banyak service yg distart, begitu juga waktu shutdown (sebetulnya
waktu memasuki/meninggalkan suatu runlevel sih bukan cuma
boot/shutdown aja), angka yg paling kecil biasanya distart duluan.

Sedangkan yg 2 3 4 5 0 1 6 itu nama2 dr runlevelnya. 2 3 4 5 itu yg
biasa (ada bedanya dikit2), 0 itu shutdown, 1 itu single user mode,
dan 6 itu reboot. Ini yg konvensional, tapi tidak harus begitu. Di
gentoo misalnya, nama2 runlevelnya tidak pake angka tapi pake nama:
boot, default, dan nonetwork.

> dan bagaimana cara saya
> menentukan untuk menjalankan mysql secara otomatis ?? bisakah
> bapak-bapak memberi saya contohnya untuk mysql saja?
>
> # update-rc.d mysql start
> update-rc.d: error: expected NN after start
> usage: update-rc.d [-n] [-f] <basename> remove
>        update-rc.d [-n] <basename> defaults [NN | sNN kNN]
>        update-rc.d [-n] <basename> start|stop NN runlvl [runlvl] [...] .
>                 -n: not really
>                 -f: force

Kalo tidak perlu di-tweaking macem2, tinggal:

        update-rc.d mysql defaults

aja. Nanti kalo mau supaya nggak start otomatis lagi (tanpa
menguninstall mysql dr system) tinggal:

        update-rc.d -f mysql remove

Ronny