hi
saya pemula juga, berikut ini pengalaman saya jadi belum tentu benar, but who
knows ?

saya juga sama, setelah nyari info lewat google (tau sendiri kan pusing
nyortirnya) ada beberapa kemungkinan yg saya coba.

Ada post di suatu milis yg mengatakan salah satu kemungkinan adalah karena chip
card vga-nya gak ke-detect, ini terutama penyakit vga nvidia. solusinya adalah:
  - setelah booting, di menu knoppix tekan tombol F2.
  - di layar kemudian anda bisa lihat pilihan-pilihan opsi untuk boot
  - coba dulu ketikkan knoppix 2, lalu tekan enter
                paling tidak anda bisa tau knoppixnya "bisa jalan"
  - ketik shutdown -h now, trus enter untuk restart
  - setelah boot ketik lagi F2
   - untuk kasus saya, dicoba dengan mengetikkan
          knoppix xserver=XFree86 xmodule=nv screen=800x600 xvrefresh=60
  - pengalaman saya monitor akan berkedip beberapa kali
        tapi akhirnya nanti kde-nya keluar juga

Yang saya pake:
nVIDIA GeForce4 MX 440SE samsung syncmaster 551v

lebih jauh tentang cheat code baca=
file text cheatcodes yang ada di cd knoppix anda
KNOPPIX V3.8:   http://download.linuxtag.org/knoppix/knoppix-cheatcodes.txt
KNOPPIX V3.6:   http://linux.simple.be/tools/knoppix-cheatcodes
http://hamshack-hack.sourceforge.net/knx-cheat.html
http://www.knoppix.net/wiki/Cheat_Codes