On Wed, May 04, 2005 at 11:49:28AM +0700, Singgih Octafianto wrote:
> biar nggak ngetik2 di konsole saya coba edit hdparm.conf saya

hdparm.conf ini sepertinya bukan bagian dr hdparm yg aslinya, kayanya
config utk script bawaan paket hdparm di ubuntu/debian ya?

> pas boot keluar error: unknown option /dev/cdrom

Yang dibilang unknown OPTION, bukan devicenya. Jadi yg anda tuliskan
di hdparm.conf syntaxnya tidak sesuai yg diexpect sama dia. Bukan
masalah device /dev/cdrom dikenali atau nggak.

Coba baca lagi baik2 petunjuk di dokumentasinya paket hdparm yg utk
ubuntu.

> terus kalo mau nguji konfigurasi bener apa nggak
> gimana ya?

Ya itu tergantung programnya yg bisa mengerti file confignya. Kalo
tidak ada fitur utk ngetesnya ya tidak ada cara lain selain trial and
error.

Ronny