On Mon, May 09, 2005 at 07:35:39PM +0800, Rumy Taulu wrote:

> Saya lebih suka menyarankan ssh ke server, dari situ bisa mengakses
> local network either pake samba (windows machine) atau pake ssh (linux
> machine).

Alternativenya bisa pake ssh tunneling, supaya lebih mudah dan tidak
perlu DNAT. Tapi ini kayaknya TCP only (CMIIW).

local(192.168.0.3)--(192.168.0.1)gateway(202.x.x.x)--remote

        remote$ ssh -L 9022:192.168.0.3:22 -N 202.x.x.x &
        [1] background...
        remote$ ssh localhost -p 9022
        remote$ fg 1
        Ctrl-C

Kalo ada masalah dg host key checking, tinggal tambah:
-o StrictHostKeyChecking=no

Saya pake public key authentication tanpa passphrase untuk
authenticationnya between gateway and local, nggak pake interactive
password, jadi transparent loginnya, cukup authenticate di gateway.

> Routing paket dari internet ke local network lebih berisiko daripada
> pilihan diatas.

Kalo sekedar port fwd atau dnat sih soal securitynya rasanya sama aja
dg buka service yg sama langsung dr gatewaynya. Kalo *routing* ke
local network, itu mungkin laen cerita.

Ronny