Saya coba jawab berdasarkan ingatan nih, jadi kalau salah tolong di
ralat. Biar lebih gampang saya jawabnya terbalik, nomor 2 dulu

> 2. Pada contoh delaypools saya dibagian delay_class 5
> 1 itu sudah saya batasin kecepatan download file
> multimedia tidak lebih dari 1 kByte/sec.
> tapi kenapa user kakan, toshibakakan, vaiokakan
> keceptan download nya tidak mengikuti aturan pada
> delay_class 5 1 tersebut.

delay_class 1 1
delay_parameters 1 -1/-1
delay_access 1 allow kakan
delay_access 1 allow toshibakakan
delay_access 1 allow vaiokakan
delay_access 1 deny all

karena ini, squid begitu memutuskan kakan dkk masuk ke delay_class 1,
yah sudah, dia berarti unlimited, ngga di cek lagi bawah bawah nya

solusinya yah, anda allow file dulu seblon lain lainnya
gampangnya delay_class 1 di ganti jadi 2, 2 ganti 3, dst
delay_class 5 ganti jadi 1
terus
delay_access 1 allow file
jadi semua request yang memenuhi acl file, bakal di batasi, kalau ngga
yah di cek yang bawah bawahnya (mungkin perlu di tambahi juga
delay_access 1 deny all)

> 1. Kenapa untuk mengakses website local terasa lambat
> sekali..?(web local = website kantor). Kecepatannya
> koq sama dengan akses website luar..?di bagian mana
> delay pools nya saya harus config lagi..?

bikin acl dengan src ip nya lan terus di masukkan ke delay_class yang
unlimited itu

acl srckantor src 192.168.0.0/24

begitu kira kira