Nanya ke saya apa Mas Yudi nih ?

Di tempat saya sih ada yang udah bikin aplikasi berbasis PHP dan user management untuk grouping berdasarkan instansi dan privileges-nya. Dan itu makenya SMS Server Tools, performanya okeh banget ko.

Intinya, urutan flow prosesnya adl sbb. :
1. Dari PHP script bikin text based file di /var/spool/sms/outgoing (bisa dikonfigur) dengan format yang sudah fix (lihat manual SMS Server Tools)
2. SMS Server Tools akan mendeteksi apakah ada file text pada direktori tsb. Kl ada, comot dan kirimkan. Kl tidak ada, tidak lakukan apa2x.

Proses nomor 2 itu pun bisa kamu konfigur periocal timenya supaya bisa "comot" 10 detik sekali, atau 1 jam sekali.

FYI, umumnya memori di GSM Card bisa tampung 10 SMS scr simultan. Kl lbh dari itu, akan "numpuk" sbg queue di SMS Gateway sang provider (Telkomsel, Satelindo, dll).

Kesimpulannya, "maenkan" setting konfigurasi dengan memperhatikan :
1. jumlah SMS yang dikirimkan tiap periode waktu
2. kemampuan daya tampung GSM Card
3. Queue yang numpuk di provider (kl kelamaan, ada kemungkinan didelete ama provider ??)

Semoga membantu...
ArS

On Fri, 13 May 2005 10:51:46 +0700