Pada hari Selasa, 17 Mei 2005 12:07, Lukman Hadi DP menulis:
> Saya sedang mencari referensi white paper/hasil polling yang membahas
> tentang rasio besar bandwidth yang reasonable bagi sejumlah user
> tertentu.

Tergantung, tingkat keinginan user dan budget mereka, heheheh....

Untuk warnet "biasa biasa saja", biasanya dianggap cukup "nyaman" dengan
kecepatan 1 kilobytes per detik, alias 8 kbps. So, 64 kbps cukup untuk
sekitar 8-10 client.

Warnet yang berkonsentrasi pada harga murah, biasanya kelihatan dari harga
jual mereka, serta "rasa" akses di warnet tersebut.  Ciri-cirinya, mayoritas
pengguna warnet cuman chatting. Warnet seperti ini seringkali menggunakan
sekitar 3-4 kbps per client, atau 8-15 client untuk koneksi 32-48 kbps.

Sebaliknya, untuk warnet yang ingin mengambil target market karyawan, yang
perlu mengakses e-mail dengan baik, mengirim data kantor dll membutuhkan
akses internet yang lebih besar. Bisa jadi sekitar 15-20 kbps per user, atau
menggunakan akses 192-256 kbps untuk 15-20 user.

Untuk di kantor, lebih bervariasi lagi. Ada yang pake 128 kbps untuk
sendirian, ada pula yang menggunakan 64 kbps untuk lebih dari 100 client.

Gimana? tambah jelas atau tambah bingung? heheheh....

--
Salam,

Adi Nugroho
PT. iNterNUX -- Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53-J Makassar
Tlp. +62-411-834690 - Fax. +62-411-834691