On Sat, May 21, 2005 at 09:22:11AM +0700, Yudhi Kusnanto wrote:

> script /etc/ppp/ip-down *akan* selalu dijalankan setelah koneksi ppp
> putus, apapun situasinya. kalo di tempat anda kejadiannya lain barangkali
> ada masalah, misal mode-nya nggak executable (cek permission).

Dalam kasus saya tsb script ip-down sudah executable, kan sudah ditulis
di atas bahwa script tsb akan selalu dijalankan kecuali bila fetchmail
belum tuntas ambil email dari remote pop server.

> kalo perlu pasang option debug di /etc/ppp/options, atawa buat

Baiklah yg ini akan saya masukkan parameter debug ke options.

> /etc/ppp/ip-down yang isinya nulis ke file, mis: /tmp/test.down trus cek
> log maupun file. jangan lupa script tsb harus executable.

Wah ini kan kayak nentuin duluan mana ayam atau telor :-), soalnya
script ip-down tdk akan dijalankan jika koneksi dialup diputus saat
fetchmail lagi ambil email dr remote pop server.

Salam,

~yudi