On 5/28/05, daku daku oge <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> fasilitas Printer, Backup Data, Scanner yg semua
> berbasis Mindows XP. (server difungsikan hanya sebagai
> gatewayy/firewall) ke koneksi ISP. saya memakai
> IPTables (rc.Firewall)
> Semua Clients hardwarenya Pentium 3 (kecuali games P4)
> Server P4 1,8 GHz.
>
> Saya sedang melakukan Migrasi dr Mindows tersebut ke
> LInux (utk distro saya masih mencoba Fedora 2.0 dan
> Mandrake 10)
>
> Nah ada pertanyaan dr saya seputar Migrasi ini antara
> lain:
>
> 1. Distro Linux apa yg paling familiar dg end user??

menurut teman2 awari saya kira xandros 3.0( base debian) & Vector
Linux SoHo 5( base slackware cocok untuk komputer dengan h/w rendah)
sangat mirip dengan windows yg terbiasa pake winblows

> 2. Bagaimana perubahan konsep di Servernya agar saya
>    bisa menjalankan printer dll?

buat file & print server dengan samba agar klien untuk ngeprint
terpusat di server

> 3. Utk Sharing file antar linux maupun ke Mindows?
>    samba NFS dll? bagaimana mengkonfigurasinya apa di
>    set di servernya?

maaf ini ceritanya panjang coba belajar step by step dari situs kaya
ilmukomputer.com, bebas.vlsm.org, www.pandu.org, linux.or.id,
efnet.linux.or.id dan tentu saja paman google

> 4. Bagaimana pula apabila saya tetap memakai Mindows
> XP
>    utk pusat backup data clients (scanner, printing
>    server & backup CD)? Kalau saya alihkan ke Linux
>    bagaimana yaa?

answer no 2

> 5. Ini salah satu pertanyaan paling penting saya,
>    karena Billing kami berbasis Mindows.. dimana saya
>    bisa mendapatkan Billing berbasis Linux? yg lengkap
>
>    fasilitasnya mulai utk user umum, member, item2
>    barang jualan, scan, print dll???
>    Apa nama Billingnya?

coba main2 ke rab.co.id disana ada billing warnet dengan base debian
atau cari billing yang under web saja

> 6. Aplikasi Warnet yg saya gunakan: Browser, Chatting
>    (YM, MSN, MiRC) WebCam, Printing, Scanner, Backup
>    Data, Download, Backup lewat FlashDisk.
>    Nah apakah semua fasilitas tersebut tetap bisa saya
>    jalankan dg LINUX????

insyaallah bisa
browser = firefox
chatting = gaim, gyach enhaced
printing = cups
backup data = k3b, xcdroast
flashdisk sudah dikenal di linux

> MOhon penjabaran klo bisa layout planningnya dan
> setting2annya. (waduh maksa dan banyak lagi..hehe maap
> neh)

hehehehhe itu mah ente harus beli bisnis & marketing plan temen2 yang
udah bangun warnet under linux
di bsd ada warnet netter yang sudah ngoprek2 under linux