On Mon, 2005-05-30 at 09:31, Diwakoe wrote:

> Saya sudah mencoba install squid menggunakan authentikasi NTLM reference
> doc http://layangan.com/asfik/writings/squid_w2k_ad.html dan berhasil.

Wishlist saya tunggu lho hehehe.

> Untuk pengembangannya saya menemui kesulitan untuk membatasi hanya
> user-user tertentu yang bisa akses ke squid.
>
> Mohon petunjuk rekan-rekan untuk memberikan referensi mengenai auth
> squid untuk restrict per user menggunakan NTLM. Thanks.

Contoh dibawah ini ada dua group di W2k AD yaitu InternetFull dan
InternetNormal.Group InternetFull bisa mengakses sembarang situs sembarang
waktu, sedangkan group InternetNormal hanya bisa mengakses pada jam kerja
08.30-17.00 senin-jum'at KECUALI ke situs-situs yang terdaftar dalam ACL
badurl.

external_acl_type wb_group concurrency=5 ttl=900 %LOGIN
/usr/local/squid/libexec/wb_group

acl password proxy_auth REQUIRED
acl internetfull external wb_group -i "/usr/local/squid/etc/internetfull"
acl internetnormal external wb_group -i "/usr/local/squid/etc/internetnormal"

acl time_acl time M T W H F 8:30-17:00
acl badurl url_regex -i "/usr/local/squid/etc/badurl"

http_access allow password internetfull
http_access allow password internetnormal time_acl !badurl
http_access deny all

Di file /usr/local/squid/etc/internetfull dan
/usr/local/squid/etc/internetnormal
silakan dimasukkan nama group yang sesuai atau bisa langsung ditulis di
squid.conf
(tidak usah membaca ke suatu file) jika groupnya tidak banyak.

Oh iya, ini belum saya test lho :-), seperti biasa resiko ditanggung dewe2.

--
Rgds,
Asfihani