On Tue, May 31, 2005 at 10:00:52AM +0700, Arief Yudhawarman wrote:
> Saya ada pertanyaan sederhana, untuk mengerjakan suatu job di
> masa depan, misalnya sekian menit/jam dari sekarang, enaknya pakai
> at job atau sleep ? Maksud saya adalah dari segi efisiensi program
> atau penghematan memori ? Soalnya dulu saya pernah buat script
> yg banyak sekali 'sleep'-nya, saat servernya kerja berat, kok
> rasa-rasanya sleep-nya jadi molor, mestinya dilakukan setelah
> 60detik menjadi 65 atau bahkan 70detik.
>
> Singkatnya begini, job yg saya buat itu apakah akan dilakukan
> tepat pada waktunya baik dischedule dengan at job atau sleep
> [...]

Yang penting didefinisikan dulu requirementsnya. Kalo requirementnya
mensyaratkan harus tepat pada suatu waktu tertentu ya tentu saja at
(atau cron kalo reoccuring/periodic) akan lebih tepat.

'sleep' lebih tepat digunakan untuk memberi jeda waktu antara satu
operasi dan operasi berikutnya yg berkesinambungan.

Ini belum ngomongin requirement realtime. Kalo ada itu, ya mesti pake
OS yg realtime (kalo bener2 butuh hard realtime), kalo gak sampe
extreme gitu, ya sistemnya "best effort". Dan "best" di sini ya
diusahakan semaksimal mungkin. crond atau atd akan polling utk ngecek
waktu skrg secara periodik dan kalo ada event yg harus dikerjakan pada
waktu itu ya dia akan masukin ke job queuenya OS (exec atau apa lah).
Kalo udah sampe OS ya tergantung OS nya utk job schedulingnya. Kecuali
disubmit dg flag2 tertentu (itu pun kalo disupport OS nya), seperti
pake 'nice' utk ubah priority.

Ronny