Dear All (pengguna Linux),

Guys, saya punya server dijadikan gateway Fedora core 3,
Pasang 3 nic (eth0-2),
Eth0 isp pertama.
Eth1 masuk ke switch.
Eth2 cadangan ISP Adsl.

Skenario ke-1,
->semua clients sudah bisa ping ke isp-1 atau internet dengan gateway eth0,
Kondisi eth2 stop.

Skenario ke-2,
->Eth0 stop.
Eth2 saya setting dengan ip dari isp adsl dan jalan (clients sudah bisa
browsing).
(tentunya gateway-nya juga dirubah) ke eth2.

Skenario ke-3
Karena hanya berniat menjadikan eth2 cadangan saja, bagaimana caranya/
scriptnya?
Kalau saya mau jalankan skenario spt ini.
Kembali ke skenario pertama (Kondisi eth2 di stop).
Lakukan Ping 15 menit sekali ke ip ISP ke-1 misalnya kalau up jalan terus.
Kalau RTO
Eth1 distop, eth2 di up.
Kemudian setting gateway berubah menjadi ke eth2.
Ping setiap 15 menit ke isp pertama, bila tetap mati eth2 tetap up.
Bila sudah berhasil diping, dikembalikan ke skenario pertama, demikian
seterusnya.

Mudah-mudahan bisa dipahami, atau ada yang lebih sederhana ?

Salam,
Bambang