On Tue, Jun 07, 2005 at 12:29:52PM +0700, Slamet Widodo wrote:
> Begini pak, apakah tidak bisa partisi swap untuk Debian saya dipakai
> bersama-sama dengan Xandros (tidak diformat oleh xandros) ? Maksud
> saya supaya saya tidak usah mempartisi ulang harddisk saya..

Kalo yang anda maksud satu partisi/file swap dipakai bergantian, bisa.
Tapi kalo pada saat yg bersamaan ya nggak bisa, nanti bentrok pas
nulis dan mbacanya. Jadi bisa gantian asal exclusive waktu lagi
dipake.

> juga, apakah harddisk yang sering di partisi dengan partition magic
> bisa cepat rusak ?

Tidak lebih cepat drpd dipake "biasa". Informasi partisi itu disimpan
(sebagai bits biasa, sama seperti data) di suatu area di harddisk,
ditulis dg cara yg sama seperti kalo harddisknya menulis data, tidak
ada low level apapun yg laen2 di harddisknya setahu saya.

        A         B
 +-------------+---------...
 | Part. table | Data    ...
 +-------------+---------...

Jadi kalo mengubah besar suatu partisi dsb, itu yg berubah cuma
informasi di bagian A di diagram di atas.

Analoginya anda punya beberapa lembar kertas gambar 30x30cm, lalu anda
mau bagi2 kertas gambar tsb menjadi bbrp bagian utk menggambar komik,
tapi tidak semua kertas gambar anda mau bagi sama besar. Jadi di
kertas pertama, 1cm bagian atas dr kertas gambar tsb anda tulisi
kecil2 "8,12,19", lalu anda menggambar bagian pertama komik anda di
kotak berukuran 8x30 dr atas, lalu bagian kedua komik anda di kotak
berukuran 12x30 di bawah kotak yg pertama, dst. Kertas gambar yg kedua
anda mau bikin komik lain lagi tinggal ganti info di "partition table"
yg 1cm di atas itu. Kertas gambar itu tidak akan menjadi lebih cepat
rusak dibanding kalo anda menggambar biasa, karena anda menulis di
partition table itu sama seperti anda menggambar saja.

Anda mungkin mencampuradukkan dg low-level format di harddisk/floppy
jaman kuda dulu. Kalo ini saya masih percaya kalo bisa merusak kalo
sering2, tapi saya juga gak pasti apa emang bener merusak. Nah terus
ada lagi program yg namanya misleading, yaitu "format" di DOS/Windows
yg sebetulnya membuat filesystem (mkfs kalo di unix), bukan betul2
melakukan low-level format.

Ronny