> dihapus isi file nya ataukah file ??? bisa diperjelas nama file yg
> bersangkutan ??

========
Yang jelas, hapus file di direktori tsb yg dirasa tidak diperlukan, dan
kosongkan isi file yg ukurannya besar dan menurut anda tidak terlalu
perlu.
Untuk melihat besarnya file bisa pake perintah du -h, misal:
cd /var/
du -h

untuk mereplace isi file secara sekaligus shg isi file menjadi kosong bisa
menggunakan perintah:
for i in `ls`; do echo "">$i; done

tapi hati-hati, perhatikan direktori dimana anda berada saat itu,jangan
sampai salah direktori.

CMIIW