On Thu, Jun 09, 2005 at 02:03:04AM -0700, prasetyo wrote:
> saya install mandrake10 dan mencoba menggunakan ssh
> dari client #ssh 10.100.1.1
> hasilnya error yaitu
> It is also possible that the RSA host key has just
> been changed.
> Add correct host key in /home/budyp/.ssh/known_hosts
> to get rid of this message.
> Offending key in /home/budyp/.ssh/known_hosts:1
> mohon pencerahannya agar saya bisa menggunakan ssh

Itu kan sudah dikasih tau solusinya, dan juga kemungkinan penyebabnya
kenapa.

Ceritanya agak panjang kalo mau bener2 ngerti. Tapi singkatnya ssh itu
mengecek identitas server dulu menggunakan host key. Pertama kali
konek kalo belum ada di daftar pribadi (known_hosts), dia akan kasih
warning dan nanya apa bener itu identitasnya servernya (yg mungkin
kita biasa asal jawab yes aja tanpa ngerti maksudnya). Nah kalo suatu
saat ada org intercept traffic kemudian mengarahkan koneksinya ke
servernya dia kan jadi identitasnya lain, makanya dia kasih warning.
Tapi hal ini juga bisa terjadi kalo servernya ganti host key
(identitasnya).

Cara ngebenerinnya, cari entry yg berisi identitas servernya di
known_hosts (itu di atas dia kasih tau di baris nomer 1 karena
"known_hosts:1"), lalu hapus aja, biarkan dia tambahin sendiri waktu
anda konek lagi kan dia kasih warning seakan2 anda belum pernah konek.

Ronny