Rumy Taulu wrote:

Halo Pak Rumy,

> freedos.org, saya compile dgn dosemu-1.3.1 on slackware.

Sekarang ini mesin slack 10 sudah saya install dosemu dan dosbox.
Paketnya saya peroleh dari linuxpackages. Viva slack :-)

> :) mungkin sudah saatnya di install untuk semua user, biar mereka tahu linux juga punya DOS prompt dan tidak harus pake MSDOS/PCDOS.

Pelan-pelan dulu Pak.
Soalnya kalau semuanya diinstall, saya ndak kuat tenaganya...
Install linux sih tidak susah, yang susah men-sosialisasi-kan
ke user-user dan konfigurasi perangkat seperti printer dan
install font ttf.

> Ini koordinatnya lebih besar Window yang di create, thus masalahnya memang di program foxpro yg dibuat, atau ada error pada loop program atau rutin program (source not available) sehingga koordinat dituliskan pada window yg salah.
> Programnya berupa satu file .EXE atau pake rutin-rutin .FXP ?

Programnya berupa satu file .exe dan banyak rutin.

> Gak perlu pake xdosemu, coba edit /etc/dosemu/dosemu.conf
>
> $_term_char_set = "ibm"
>
> Yg ini supaya tombol kontrol <Fn> foxpro bisa dijalankan
>
> $_rawkeyboard = (1)

OK, tampilan programnya lebih halus sekarang, lebih mendekati aslinya,
sdh tidak bisa dibedakan mana dos mana linux :-D ...
Tapi tetap saja program tsb tdk bisa menampilkan hasil cetakan (mode
grafis). Saya coba masuk ke xwindow, dan jalankan dosbox kemudian
eksekusi program aplikasi foxpro tsb. Tapi alamak, lamanya minta
ampun, kalah jauh dg program foxpro yg jalan di mesin 486. Untuk
print preview (mode grafis) bisa ditampilkan sekarang.

Kemudian saya ingat di howtonya dosemu, agar bisa akses ke mode
vga jalankan dosemu pakai argumen '-kV' kemudian user ybs harus
diberi akses root, bisa lewat sudo atau disebutan di
/etc/dosemu/dosemu.users.

Akhirnya setelah saya pakai sudo, wah cespleng ! Program aplikasi foxpro
sudah mau menampilkan cetakan priview (mode grafis)

TIA

~yudi