Ronny Haryanto wrote:
Tujuannya mau menuliskan subject di log apa? Jika anda perlu
membedakan email, pake Message-ID nya.

Kadang2 user saya bertanya, apakah emailnya yang dia kirimkan pada seseorang sudah terkirim atau belum. Kalo dari log saya cuman bisa melihat from dan to-nya. Untuk lebih memastikan, saya ingin subjectnya ditampilin sekalian.

Hati2 utk "ngintip" subject mungkin bisa dianggap melanggar privacy
dari user2 anda.

Iya juga sih.

Kalo memang bener2 mau nyatetin subject mungkin bisa pake
content filter somehow.

Iya pak. Barusan saya nemuin pake header_checks.
Makasih ya