On Sat, Jun 18, 2005 at 02:35:01AM +0700, El_Kaef wrote:
> warnet sekarang udah pakai mandriva yang versi 6 CD (burning dari NASA
> COmp, thanx NASA....), alhamdulillah lancar-lancar saja, namun ada
> sedikit ganjalan...sekali lagi masalah LISENSI....
> Sebenarnya lisensi mandriva 6CD itu gimana? kalau digunakan untuk
> warnet gimana? masih kesandung lagi kaya lisensi dari microsot gak?
Hallo,
Beberapa waktu yang lalu saya kesitus mandriva dan membaca FAQ masalah lisensi,
kesimpulan yang saya peroleh adalah sbb:
1. Mandriva GPL murni, hanya terdiri dari 3 CD (gpl 3 cd). versi ini disebut
download edition. Versi ini boleh di sebarluaskan dan bisa dipakai untuk
keperluan komersial dan keperluan apa saja.

2. Mandriva non FREE. sebernarnya lisensi dari mandriva ini GPL juga, tapi sudah
bercampur dengan sw komersial, yang punya lisensi proprietary. versi ini
terdiri dari 4 cd, atau 5 cd, atau 6 cd. (biasa disebut mandriva ppk)

versi non FREE ini harus dibeli lisensinya (karena menyangkut sw proprietary)
dan tidak bisa disebarluaskan walaupun oleh pembeli (baca: seperti Microsoft).

Keterangan selanjutnya silahkan kesitus mandriva, atau baca EULA saat instalasi.

Kesimpulannya, jangan gunakan versi non FREE, tapi gunakanlah versi GPL (3 cd)
atau disebut download edition.

--
salam,
muhammad muntaza

pub-key hkp://subkeys.pgp.net key ID:0xC8770770