On Sun, Jun 19, 2005 at 03:01:40AM +0700, Arie Kusuma Atmaja wrote:
> saya sudah baca banyak dari penjelajahan tsb ( & jg yg lain yg tdk sy
> lampirkan URLnya ) , termasuk sudah mengcopy file .muttrc dari beberapa
> orang termasuk dari blognya Pak Ronny, well .. dulu waktu awal saya
> belajar ViM yg kata banyak orang editor super canggih tapi aneh minta
> ampun, tapi sy pelajari dgn resource yg nyaman/mudah dicari, baik dari
> online help :h maupun yg di web nya http://vim.org. tapi skrg sy
> kesulitan utk pegang mutt ini krn terus terang sy iri dg betapa cepatnya
> kombinasi tangan kita baca imel dg mutt (kaya ViM atau Emacs), dan terus
> [...]

Ini ada dua hal, mutt dan vim.

Yang mutt kesulitannya di mana? Saya rasa mestinya tidak ada yg sulit,
tapi butuh waktu aja. Pertama utk configure muttrc sampe pas dg yg
kita mau. Kedua ya membiasakan diri dengan tombol2nya.

Untuk setting muttrc pertama ya bisa mulai dr contoh yg sudah ada
(saya ambil dr punya org juga) trus diganti2 sendiri sambil baca 'man
muttrc', atau kalo males ya udah pake aja yg udah ada.

Untuk tombol2nya, anda bisa pencet '?' utk liat online help kapan aja,
jadi bisa tau tombol2nya apa aja utk ngapain. Kalo kurang senang pake
bahasa inggris dan mau pake bahasa indonesia tinggal set environment
variable LANG aja, misalnya kalo di sh/bash: 'LANG=id_ID mutt' gitu
utk jalaninnya.

Untuk belajar vim, coba pake 'vimtutor' dr shell, atau baca ':he
tutor' dr vim. Jangan lupa tempel quick reference di tembok/meja.

Mutt memang enak utk baca email banyak dlm satu mailbox, tapi menurut
saya masih ada kurangnya utk kita bisa lihat mailbox mana aja yg ada
email baru, kurang visual notifikasinya, mesti ditab/spacebar. Selain
itu juga kalo liat email yg ada gambar2nya, mesti lewat external
viewer. Program email yg GUI atau web-based lebih enak utk ngeliat
notifikasi maupun gambar2 itu; tapi sampe skrg saya masih pilih pake
mutt, fitur laen2nya lebih cocok di mutt, jauh lebih ringan, dan juga
editornya saya gak bisa tanpa vim.

Ronny