On Mon, Jun 20, 2005 at 10:25:06AM +0700, ip public wrote:
> Saya coba buat schedule untuk menjalankan php script di linux, nah di
> crontab nya sudah saya tambahakan
> 20,30,40,50 10 * * 1-5 /usr/bin/php
> /home/users/admin/script/sendmail.php, jadi setiap hari kerja jam 10
> menit ke 20,30,40,50 script sendmail.php dijalankan, tetapi hasilnya
> tetap nihil, tapi kalau saya jalankan secara manual script tersebut
> berjalan baik. untuk service crond nya juga sudah di restart
>
> Mohon masukkan dari rekan2, kira ada salahnya dimana ??

Banyak kemungkinan.

Pertama pastikan cron jobnya jalan sesuai jadwal
seperti yg anda harapkan. Misalnya ngecek ke lognya cron, atau
kasar2annya execute 'echo "jalan nih"' gitu, tapi sebelumnya set dulu
variable MAILTO.

Kedua, kalo cron jobnya sudah jalan sesuai schedule, baru dilihat
commandnya. Yang perlu diingat:
- Cron job belum tentu dijalankan sebagai user yg sama dg anda,
  contohnya kalo anda pasang di system cron atau sebagai root anda
  pasang cron job utk user lain. Kalo anda sebagai usernya sendiri
  lalu menggunakan 'crontab -e' semestinya usernya udah gpp.
- Cron job dijalankan dengan limited environment variables, hampir
  selalu tidak sama dengan kalo environment variables yg dijalankan
  lewat shell. Utk cron jobs anda dianjurkan utk _selalu_ menuliskan
  asumsi anda ttg environment variables supaya explicit, bukan asumsi
  lagi. Contohnya: PATH (atau tulis pake absolute path seperti yg
  sudah anda lakukan), MAILTO, dan lain2.

Ini contohnya kalo mau debug:

  MAILTO="[EMAIL PROTECTED]"
  20,30,40,50 10 * * mon-fri whoami ; env | sort

Ronny