On Mon, Jun 20, 2005 at 03:55:38PM +0700, carl risw wrote:
> Rekans, saya ingin menanyakan kenapa setelah saya melakukan perintah
> usermod -p , lalu mau login lagi tidak bisa padahal user dan password
> yg dimasukkan sudah benar. Pesannya login incorrect terus.
> Terima kasih sebelumnya atas bantuan rekans sekalian.

Di tempat saya -p dari usermod menerima password yg sudah diacak,
bukan password polosnya sendiri.

Jadi kemungkinan password yg anda masukin waktu login anda pikir sudah
benar tapi sebetulnya salah.

Misalnya passwordnya "anu", setelah diacak jadi "xyz". Nah mestinya
saya pake "-p xyz", bukan "anu". Karena yg disimpan yg "xyz". Jadi
kalo ada yg login, dia ngeceknya dg mengacak dulu passwordnya
_sebelum_ dibandingkan dg yg disimpan.

Kalo saya pake -p xyz kan yg disimpan xyz, jadi begitu saya login dg
password anu maka diacak jadi xyz, kemudian dibandingkan dg yg
disimpan, sama, maka dikasih login. Kalo pake -p anu, maka yg disimpan
anu, begitu login dg password anu, diacak jadi xyz, kemudian
dibandingkan dg yg disimpan, lain, jadi ditolak.

Ronny