From: "PD" <[EMAIL PROTECTED]>

> Rekans,
>
> Setelah berhasil dengan Gnokii... ada beberapa pertanyaan seputar SMS ini.
>
> apakah sudah ada aplikasi dibawah linux u/ SMS auto responder ?
> Contohnya :
> + autoresponder 9949
> + autoresponder kuiz lion air
> + autoresponder sms AFI

Wah kebetulan nih saya lagi konek ke server sms gateway untuk pilkada
yg akan dilakukan tgl 22 juni 2005 ini. Tidak pakai gnokii tapi pakai
sms server tools (stefan frings). Untuk aplikasi pilkada ini ada
2 jenis responder yaitu kalangan sukarelawan yg melaporkan hasil
perhitungan suara dan masyarakat umum yg ingin mengetahui hasil
perhitunagn suara. Auto responder dibuat seperti sbb:

1. Tukang input data
   Jika ada SM (short message) masuk hasil perhitungan suara per TPS
   yg valid, maksudnya hanya dr nomor hp tertentu dan pengisian datanya
   benar seperti ini: kode_desa#kode_tps#suara_1#suara_2#suara_3 (saya
   lebih suka pakai tanda '*/'#' sebagai pemisah bilangannya karena akan
   lebih cepat bagi user untuk input data tanpa perlu ganti-ganti mode
   huruf <-> angka, maka  langsung di-feed-kan ke mysql tanpa perlu
   konfirmasi ke user, kalau input data keliru seperti kode desa dan kode
   tps ada yg dobel, jumlah entri data kebanyakan, dsb nantinya user akan
   dapat respon.

2. Masyarakat umum
   Kirim SM seperti dg isi "PILKADA" (tanpa tanda kutip) langsung dpt
   respon dr SMS Gateway berupa hasil perhitungan suara.

Enaknya aplikasi pilkada ini akan dijalankan setiap kali ada sm masuk yakni
ditrigger oleh eventhandler, ini file /etc/smsd.conf:

devices = GSM1, GSM2
outgoing = /var/spool/sms/outgoing
checked = /var/spool/sms/checked
incoming = /var/spool/sms/incoming
failed = /var/spool/sms/failed
eventhandler = /usr/local/bin/pilkada.sh
delaytime = 10
stats = /var/log/sms/stats
stats_interval = 7200
logfile = /dev/tty6
loglevel = 6

[GSM1]
device = /dev/ttyS0
init = ATE0
incoming = yes
cs_convert = yes
mode = new
baudrate = 19200

[GSM2]
device = /dev/ttyS1
init = ATE0
incoming = yes
cs_convert = yes
mode = new
baudrate = 19200

Dan ini contoh file smsevent (bawaannya sms tools):

[EMAIL PROTECTED]:/usr/local/bin$ cat smsevent
#!/bin/sh
# This is an example how to use an eventhandler with smsd.
# $1 is the type of the event wich can be SENT, RECEIVED, FAILED or REPORT.
# $2 is the filename of the sms.
# $3 is the message id. Only used for SENT messages with status report.

#The following lines report an event to the console
echo "smsd reports an event:"
echo "type: $1"
echo "file: $2"
echo "id:   $3"

#The next line changes the file attributes so that everybody can read
#received SM
if [ "$1" = "RECEIVED" ]; then
  chmod a+r $2
fi

#This sends all received SM to an eMail receiver:
if [ "$1" = "RECEIVED" ]; then
  /usr/sbin/sendmail [EMAIL PROTECTED] <$2
fi

#This sends all received SM to eMail receiver. The recipient address
#must be the first word of the SM.

if [ "$1" = "RECEIVED" ]; then
  receiver=`cat $2 | grep '[EMAIL PROTECTED]' | sed -n 1p | cut -f1 -d' '`
  if [ $receiver ]; then
    /usr/sbin/sendmail $receiver < $2
  fi
fi

#This forwards all received SM to another mobile phone:
if [ "$1" = "RECEIVED" ]; then
  FROM=`formail -zx From: <$2`
  formail -f -I "To: 491721234567" <$2 >$2.forward
  echo "from $FROM" >> $2.forward
  mv $2.forward /var/spool/sms/outgoing
fi

Permasalahannya sekarang adalah karena sudah telat untuk memproleh kartu
halo telkomsel padahal tgl 22 juni udah di depan mata (saat ini pakai
simpati), saya mau buat script agar jika pulsa kirim SM tinggal - katakanlah
50 SM lagi - langsung kirim SM ke admin/billing supaya beli pulsa.
Selanjutnya
bagaimana caranya isi pulsa tanpa perlu ambil ruim card dan dipindahkan ke
handset saya agar bisa diisi pulsanya dg dial ke '*888#' ?

Bagaimana teman-teman yg pakai gnooki (kelihatannya jarang yg pakai sms
server tool ?) menyiasati hal ini apakah bisa via minicom atau perl dg
module
modem buat scrip untuk isi pulsa ?

Paling enak sih pakai cara electric ya ? Tapi apa ada orang yg jualan pulsa
tengah malam saat saldo kartu simpati sudah menipis ...

TIA

~yudi