On Tue, Jun 21, 2005 at 09:44:38AM +0800, Josemaria Escriva wrote:

> terima-kasih mas ronny, sekarang sudah bisa, cuma aku mau tanya apa
> pengaruhnya kalo kita pakai command make tanpa install-strip
> terhadap hasil kerjanya mail server ini , aku pake manual yang ada
> di qmailrocks.org

Seperti yg sudah saya tulis di atas. Pengaruh yg signifikan terutama
di ukuran filenya aja. Tapi kalo saya gak salah ini bisa ada efek
sedikit ke penggunaan memory karena size file yg diload utk diexecute
jadi lebih kecil. Tapi saya tidak tau seberapa signifikan dan side
effects lainnya, jadi saya gak bisa bilang secara objektif penggunaan
strip ini bisa dianjurkan apa nggak.

Saya perlu koreksi dikit kalimat saya di atas, strip itu membuang
symbols dari objects (binaries/libs); debugging symbols itu salah
satunya aja. Symbol ini biasanya by default akan ada di objects utk
membantu developers debugging kalo ketemu problem. Utk production
systems biasanya tidak diperlukan, makanya distrip.

> maksudnya apa ya...??

'man strip'

Ronny