Assalamu'alaikum wr. wb.

On 6/23/05, Boby Gunawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> saya baru install Mandriva 2005 LE en muncul pertanyaan
> dibenak saya : apa bedanya Xfree dan Xorg, padahal kalo
> saya lihat file conf-nya di /etc/X11/xorg.conf sama aja
> dengan xf86config-4

> dari pengalaman saya install linux pake distro yang baru2
> sepertinya pada ganti pake Xorg. kalo di mandrake mulai
> diganti pake Xorg sejak Mandrake 10.1 sebelum Mandrake
> 10.1 masih pake Xfree

Secara teknis Xorg dan XFree86 tidak jauh berbeda.

Xorg itu _fork_ dari XFree86 dikarenakan sejak versi 4.0.4 xfree86
mengubah licensenya menjadi BSD-like dari sebelumnya MIT-like.
Dimana perubahan license itu menyulitkan para distro linux.
Selain itu pula proses development di xfree86 agak bermasalah.
Baca http://xfree86.org/xnews/

Wassallam,

-- Zakaria
   [EMAIL PROTECTED]             Yahoo!: z4k4ri4
   http://zakaria.is-a-geek.org
   http://pemula.linux.or.id
   Mau invite gmail? japri aja.