Terimakasih mas Wiras,

Ternyata setelah googling ketemu caranya seperti ini :
membuat file dengan nama defaultdomain ditaruh di  ~vpopmail/etc/
di defaultdomain tersebut isinya adalah nama domain kita.
Kemudian restart qmailnya...jalan deh..
moga aja berguna bagi yang belum tahu.

Wassalam,

Afif

At 05:04 PM 6/28/2005, you wrote:

--- Mohamad Afif <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Linuxer yang jago-jago,
>
> Saya punya Mail server di Fedora core 2 menggunakan
> qmail. Sewaktu setup
> mail server tersebut menggunakan step by stepnya
> qmailrocks.org.
> Yang menjadi pertanyaan saya kenapa kalau login ke
> mail server harus
> menggunakan username plus nama domainnya. Misalnya :
>   [EMAIL PROTECTED] .
> Bagaimana caranya supaya kita tidak perlu
> menambahkan nama domain
> dibelakang username seperti halnya mail server yang
> lain ?
> [...]

itu karena kmu pake vpopmail.
solusinya ya di aplikasi webmailnya aja. ditambahin
manual di belakang username di file loginnya

Warm Regards,

Wiras Adi