On Fri, Jul 01, 2005 at 09:08:42AM +0700, Eko Prasetyo (TEST) wrote:
> saya install ubuntu linux dengan sound card on board 'creative sound blaster'
> pertama sound card gak bunyi walaupun di dmesg udah terload dengan baik.
> setelah di 'modprobe sb' (tanpa quote) baru mau bunyi dan dpt sound loginnya.
> tapi saat mo mainin mp3 pake rhytmbox/totem gak mau..error messagenya
> need plug in to handle this file. klo liat helpnya rhytmbox dia bisa handle
> file mp3.
> apakah ini artinya saya butuh plug-in mp3 tsb di rhytmbox ?

Ubuntu (seperti Fedora Core dan Red Hat juga) tidak mengikutsertakan
support utk codec/format yg non-free. MP3 itu perlu license sebetulnya
(bukan kitanya, tapi yg bikin programnya seperti rhythmbox, winamp,
dst). Jadi daripada Ubuntu dan yg bikin distro2 itu pada pusing soal
legal, mendingan tidak diikutsertakan walaupun rhythmbox bisa
menghandle format2 tsb. Jadi kalo mau ya pasang dg resiko sendiri.
Caranya seperti yg udah dikasih tau rekan lain.

Ronny