Hi guys,

Mudah-mudahan ada senior-senior linux yang bisa kasih solusi untuk masalah
saya ini. Saya sudah keliling milis linux sampai luar negri, tapi belum
dapat solusi neh. Saya posting di forum debian juga belum ada yang jawab.
saya newbie pengguna SimplyMepis. Rencananya kalo udah mulus dengan mepis,
mo coba Debian Sarge & sekalian matiin W**D***xp. Tapi masih ada satu yang
nyangkut. Di Mepis masih belum bisa internet. Padahal itu yang paling
penting untuk cari-cari update & pathces. Saya pake gprs matrix + Ericson
T39m + Bluetooth dongle billionton class1. Saya juga sudah coba download
file-file 'DEB' sbb:
kdebluetooth_1.0~beta1_i386.deb
libopenobex-1.0-0_1.0.0-rel-3_i386.deb
libbluetooth1_2.15-2_i386.deb
bluez-utils_2.15-1_i386.deb
bluez-pin_0.25-1_i386.deb
bluez-hcidump_1.17-1_i386.deb
bluefish_1.0-1_i386.deb
libsdp2_1.5.dummy2_i386.deb
bluez-cups_2.15-1_i386.deb

Terakhir saya coba install ( dengan versi desktop ) kdebluetooth &
libopenobex. Kelihatannya berhasil, tapi ada satu service yang gagal
started, yaitu 'kbemusedsrv'. Setiap booting, pada desktop timbul pesan:

Could not enable security feature for kbemusedsrv. The service will not be
started.

Tapi bluetooth dongle sudah bisa terdetect. Tapi tidak ada untuk pairing
device.

Masalah yang satu lagi masalah 'WINMODEM' internal. di W***D***xp drivernya
Generic SoftK56. Nah, bagaimana ini bisa dipakai di Linux. Soalnya modem
ini penting kalau gprs lagi down. Juga untuk kirim email dengan provider
indonet masih belum bisa pakai gprs maupun telkomnet. Jadi harus dial
langsung ke indonet-nya.

Sorry kalau nulisnya kepanjangan.
Thanks sebelumnya.
GBU...