On Tue, Jul 05, 2005 at 09:47:28AM +0700, samurai wrote:
> kemudia saya ingin buat 3 IP privat di eth1
> eth1     >> 192.168.3.1/24
> eth1:0  >>192.168.6.1/24
> eth1:1  >>192.168.9.1/24
> yang rencananya PC ini untuk gateway , dengan 3 IP beda clas..untuk client
> yang berbeda...

Itu di atas semua masih dalam 1 class yg sama, class C. Tiga network
yg berbeda, tapi semuanya sama-sama class C.

> dan rencanannya saya mau buat dengan MRTG saja...kalau saya buat mrtg
> seperti biasa..yang muncul di web ketika saya browsing adalah cuma eth0 dan
> eth1..
> dan ketika saya lihat di file mrtg.cfg yang ada 3 configurasi device yang
> aktif 2 (eth0 dan eth1) karena satu lagi adala loopback...
> Mungkin ada teman-teman yang punya pengalaman sama dan bisa berbagi ke
> saya...gimana caranya biar saya bisa melihat trafik yang melewati 3 ip
> tersebut secara terpisah...

Lho bukannya emang bisa by IP dr cfgmaker nya?
http://people.ee.ethz.ch/~oetiker/webtools/mrtg/cfgmaker.html

BTW, ini apa hubungannya sama VLAN yg disebut2 di subject sih? Kalo
satu eth dikasih lebih dr 1 IP itu IP aliasing, bukan VLAN (802.1q; di
OSI layer 2; gak ada urusan sama IP).

Ronny