Halo rekan linux, mau naya nih

Saya baru belajar install linux di warnet pake Vector SOHO 5. Installnya
lebih mudah dari win kayaknya, hanya saja saya perlu tanya :

1. Saya pernah install kvirc 3.2.0, dengan source yang tar.gz, diinsatll
dengan ./configure , make install kok lama sekali, hampir 1 jam baru
selesai, tapi hasilnya kvirc bisa muncul di menu Launch ---> Internet.
Kemudian saya coba baca-baca lagi dan download kvirc yg tgz, install dengan
instalpkg sangat cepat beberapa detik saja selesai. Masalahnya KVIRCnya gak
muncul di menu Lauch, gmn caranya ya supaya muncul di menu ?

2. Saya sudah mengubah dekstop dengan tampilan yang lebih enak, masalahnya
user warnet sering usil mengubah-ubah dekstop, gimana caranya supaya
tampilan tadi bisa disimpan dan dipanggil lagi saat restart.

Mohon bantuannya,
Miftah