On Wednesday 29 June 2005 14:59, Rusmanto wrote:

> Ssst, sekalian dibuat rame, ya? :-)
> Apakah ada contoh company jdi Indonesia yg jalanin
> critical application, dst .... pakai Windows?
> Kalau tidak berkenan jawab di sini, tolong japri ke saya.
>
> Setahu saya, umumnya admin Linux
> yang merasakan server-nya secure dan reliable
> tidak akan cuap-cuap di milis.
> Itu sama juga memacing orang utk nge-crack...hehehe
>
> Sebenarnya banyak perusahaan, ISP, NAP, dan Data Center,
> webhosting, penerbangan, pelayaran, perminyakan, dll.
> di Indonesia yg sudah membuktikan. Sayangya, tanpa berita  :-)

> [...]

Sebelumnya maaf cross-posting.

Sekolah kami telah memakai program Penerimaan Siswa Baru 100% jalan di Linux.
Setiap tahun memproses rata2 10.000 pendaftar. Ok2 aja. Dan yang lain juga
seperti web, email, beserta database2 semuanya jalan di Linux.
Jalan di atas server IBM xSeries 235. Di develop menggunakan php, java, dan
postgresql.

Benar seperti yang dibilang Pak Rus, sebenernya banyak yang udah pake Linux
cuma ngga dipublikasikan aja.

Setuju sekali dgn Pak Rus, sekarang pertanyaannya mesti dibalik:
Seberapa banyak perusahaan besar seperti perbankan/asurasi/ISP yang memakai
server Microsoft untuk yang bener2 MISSION CRITICAL? Saya rasa sedikit
sekali. :))

Catatan pinggir:
Perlu diketahui bahwa pasti Microsoft telah sadar akan ancaman Linux. Selama
beberapa tahun terakhir ini, Linux adalah OS yang paling tinggi
pertumbuhannya. Sampai2 Steve Ballmer (CEO MS) pernah menggerutu bahwa Linux
itu seperti "kanker". Mereka pasti sadar bahwa cepat atau lambat MS akan mati
terserang "kanker" itu (kecuali mereka berhasil menemukan obat "kanker") .
Jadi tidaklah heran, jika saat ini mereka sedang mati2an berusaha di segala
sektor melalui iklan, sumbangan, lobby2 politik, dll. Yang paling kentara
adalah di sektor pendidikan, dimana diadakan secara massal "School Agreement"
antara sekolah dan Microsoft. MS Windows dan MS Office didiskon habis2an
sampai hampir tidak ada harganya. Mengapa? Karena MS sadar, sekolah adalah
tempat paling besar bagi calon user base produknya di masa depan.

Apakah Linux dan Open Source mengalami kekalahan? Penurunan?
Desktop Initiative di Linux sendiri baru dimulai sekitar 1,5 tahun lalu, tapi
lihatlah kemajuan yang telah diperoleh Linux di sektor dekstop. Sungguh
membanggakan. Driver2 printer telah makin banyak tersedia, printing melalui
network tidak menjadi masalah lagi, OpenOffice akan makin baik lagi di versi
2 ini, proses installasi dan update menjadi semakin mudah, dll.

Jadi maaf saja yah. Pernyataan saya ini mungkin terdengar tendensius, tapi
hati2, mungkin ada penyusup MS di milis tercinta kita ini :)
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | http://linux2.arinet.org
Ubuntu Hoary 5.0.4