From: Yantisa Akhadi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, September 14, 2004 11:23 AM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: Re: [tanya-jawab] kok...Linux bermasalah di HDD SATA 120 GB

On Mon, 13 Sep 2004 15:53:43 +0700
"Foryanto J. Wiguna" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Friends....
>
> Saya coba install linux di HDD 120 GB SATA tapi mentok krn tidak mau di
> buat partisi, linux yg saya pake RH 9.0. Apakah karena kernelnya tidak
> support?
>
> Saya googling memang kernel 2.4.x.x tidak support SATA, tolong dong
> sharing......?
>

> Makasih
> -Foryanto-

Mas Foryanto pake Promise ndak apa memang dukungan native dari
motherboardnya(untuk SATA)?
Kalo pake Promise bisa akses salah satunya ke
http://cns.georgetown.edu/~ric/howto/sata_150_tx4/

Kalo native dari motherboardnya biasanya beberapa motherboard menyediakan
drivernya buat Linux. Contoh :
Tyan : http://www.tyan.com/support/html/drivers_linux.html

Atau bisa juga nyari driver berdasarkan Chipset motherboard, misal :
VIA Based Chipset(VT 8237) : http://www.viaarena.com/default.aspx?PageID=2

At the end, bukan Linuxnya kok yang bermasalah, drivernya aja yang belum
ketemu :)

Yantisa Akhadi,
GreIT Solution | Free/Open Source Solution
Jl. Pandega Karya no.3C
Sleman, Yogyakarta
http://www.greits.com

---