Hello Ferri,

> Nyoman,

> menurut saya tdk mungkin, krn begini, traffic
> yg keluar dgn ip 216.x3x.x1x.122, kemudian sampe
> misalnya di yahoo, maka yahoo akan reply, dan reply
> nya pasti akan lihat source ip tsb, sehingga pake
> route ke 216.x3x.x1x.122. jadi gak mungin ke
> 202.155.x.x

> konfigurasi spt ini biasanya diterapkan pada dvb
> based connection, dimana upstream & downstream
> berbeda, dan routingnya di atur oleh provider &
> upstream providernya. hal lain adalah isp mestinya
> tdk akam mau bandwidthnya terpakai oleh traffic
> [...]

Ohh.. sorry pak Ferri, karena tadi saya tidak menjelaskan koneksi
Downstreamnya itu menggunankan apa :), jadi saya kasih tahu skr,
koneksi itu benar pak, pake DVB, sedangkan upstreamnya
(yang sebenarnya bisa downstream juga) menggunakan wireless.

Tujuannya tentu saja untuk speed pak, disamping biayanya juga yang
lebih murah. Saya tahu sudah banyak yang menerapkan koneksi seperti
ini, cuma tutorialnya sampai saat ini saya kok belum nemu ya... saya
bingung pake kata kunci apa untuk bertanya ke paman Google

Thanks
Nyoman.