aku kok gak terima postingnya pak ogah ya?

perlu pertimbangan yang mendalam dalam memutuskan hosting
di hosting company (termasuk isp), atau di kantor sendiri yang
menggunakan fixed connection. yang terutama adalah:
* SLA
  apabila isp yg menyediakan fixed connection menawarkan SLA
  yang menjamin up time di atas 99%/tahun DAN fixed connection
  yang digunakan symetric (biasanya yang ini upstream nya cukup
  memadai), maka kemungkinan untuk hosting sendiri cukup
  aman
* bandwidth ratio
  pastikan bandwidth ratio dari connection tidak terlalu besar,
  paling tidak 1:2, misalnya untuk 128kbps, artinya pada saat
  traffic tinggi masih ada guarantee 64kbps tersedia
* content
  kalau yg di hosting web, pastikan bandwidth yang tersedia cukup
  untuk serve pengunjung dan tdk membuat orang kapok masuk
  lagi krn lambatnya akses.
  untuk mail hosting, JANGAN hosting di kantor sendiri, lebih baik
  hosting di isp/hosting company ;-), percaya deh.
  pertimbangan lain adalah bahwa mail traffic tdk bisa anda
  control dgn mudah. ini butuh effort yg cukup besar sehingga akhirnya
  tdk akan cost effective jg. gamblangnya, siapa yg bisa tau kalo salah
  seorang (atau mungkin lebih) di kantor mendapat junk email berlebihan
  atau temen2nya kelucuan kirim2 foto2 puppies yg gak di kecilin dulu.
  pokoknya jangan deh.....

* target pengunjung
  kalo target pengunjung kebanyakan di luar, baiknya ambil hosting
  di luar, krn msh cukup banyak isp kita yg upstream nya cukup
  terbatas.

kalo soal belajar sih bener, perlu nyoba, tapi gak semua hal boleh
dicoba, apalagi kalau sampai company interest/business at stake,
yg buntutnya karir (atau yg lebih parah integritas) kita sendiri yg jd
taruhan.

--
Best regard,
Ferri Andy Ch.