On Mon, Jul 25, 2005 at 05:21:10PM +0700, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> numpang nanya ( newbie Linux ) mo nanya kalo di windows cek IP menggunakan
> command : IPCONFIG, kalo di Linux saya udah coba ifconfig -a, sukses...!
> Tapi ada masalah pas mau coba di RedHat & Fedora sy ketik : ifconfig -a,
> timbul command not found, lalu saya coba lagi dengan command : netconfig
> eth0, tdk bisa juga, mungkin ada yg tau gimana caranya ? yg ke-2 command
> fdisk -l juga tdk bisa ? ;p

'echo $PATH'

lalu jadi root dg 'su -' lalu 'echo $PATH' lagi lalu 'which ifconfig',
trus bandingkan dengan $PATH nya user anda.

Waktu menjalankan suatu program, maka si shell akan melihat execution
path, yaitu yg ada di environment variable $PATH itu, dicoba sesuai
urutannya, kalo tidak ada dia bilang gak ketemu. Bedanya dg di
Windows, di unix kalo current directory (".") tidak ditambahkan secara
implisit, malah biasanya tidak ada di $PATH, ini malah dianjurkan utk
security.

Silakan baca dokumentasi shell anda soal setting environment
variables, dan INVOCATION utk bikin settingnya "permanent" di
profile/bashrc (kalo pake bash).

Ronny