Saran saya kalau memang mau serius bikin game pakai
C/C++ saja, library-nya kan udah banyak tuh seperti
ClanLib dll. Biasanya support SDL dan OpenGL juga
selain DirectX jadi bisa multi-platform (gak perlu
pake emulator jadi lebih baik performance dan
stability-nya).

Kalau nggak mau susah-payah belajar C/C++ atau
game-nya tidak terlalu butuh performance yang tinggi
bisa juga pakai Python+PyGame (support SDL). Karena
Python pakai interpreter hasilnya game yang dibuat
jadi multi-platform juga (saya juga sedang bikin game
pakai library ini diwaktu senggang). Bahasanya OOP
abis dan mudah dipelajari. Cek www.pygame.org untuk
info lebih lanjut.

Pernah dengar juga ada yg port Quake ke Delphi/Kylix,
mungkin bisa jadi suatu alternatif.

Kalau pakai generator seperti Game Maker atau Game
Factory biasanya kurang bebas waktu bikin game-nya dan
menurut pengalaman coba beberapa game buatan generator
cenderung lambat dan nggak stabil.