Dear all,

Saya baru install IPCop untuk akses internet dengan menggunakan ADSL-nya telkom (speedy).
dengan modem router LinkSys.

Configurasi IPCop-nya saya :
- RED(konek ke ADSL) + GREEN( konek ke Backoffice) -> 2 ethernet
- GREEN :IP : 192.168.100.2
               Netmask : 255.255.0.0
- RED :     IP : 192.168.1.2
               Netmask : 255.255.255.0
- Gateway : 192.168.1.1 (IP-nya router ADSL)
Primary DNS : 203.130.196.5 (Dapat dari Network status dari ADSL, Telkom speedy yang memberikan) Untuk web proxy sudah bisa conect dengan port 80, dengan Internet explorer menuju ke 192.168.100.2 port 80, lumayan cepat.

Sekarang gimana caranya untuk membuka port 110 dan 25 untuk POP3 dan SMTP?
Apakah saya harus setting juga di router ADSL ? (untuk web, saya tidak melakukan setting apapun di router ADSL)
Dimana saya harus setting port POP3 dan SMTP?
Bagaimana caranya untuk membuka port yang lainnya ?.

Tolong dong bagi yang sudah pengalaman...

thx
Gugun