Toni Stiawan wrote:

Warso Prayitno wrote:

Terima kasih Pak Toni, jawaban Pak Toni mendekati apa yang kami maksud
Pada intinya kami memang berencana tidak menggunakan novell lagi.
Pengertian yang dapat saya terima dari penjelasan diatas tanpa menggunakan marsnwe kita dapat pula menggunakan samba-ldap sebagai penggantinya. Apakah benar demikian ? Jika saya menggunakan samba-ldap, aplikasi Foxpro dan Bitrive yang kami pindahkan dari Novell ke Linux dapat langsung di eksekusi oleh client ? (tanpa dos emulator lagi)

Yang saya maksud samba disini adalah sebagai server filesharing. jadi tugas samba hanya menyimpan file yang tadinya di novell lalu skr dipindahkan ke samba. client tetap dpt meng-execute foxpro/bitrive selama dia dapat melihat foxpro yang tersimpan di samba fileshare. note: client yg dimaksud tetap dlm platform aslinya agar bisa menjalankan foxpro/bitrive dan tidak ikut dimigrasi jadi linux spt halnya novell menjadi samba-ldap on linux.

Ya benar, selama ini pada posisi client kami masih menggunakan windows
dan pada saat login mereka sudah terbiasa menggunakan jendela Novell Client
Nah kalau disisi server menggunakan samba-ldap maka disisi client
jendela Novell Client tidak dapat berfungsi untuk login.
Memang bisa saja kita buatkan shortcut yang mengarah ke filesharing tersebut.
Tapi apakah keamanannya terpenuhi ?
Adakah cara lain agar user bisa langsung login ke filesharing tersebut ?
terima kasih