On 8/9/05, Rist. Andy Nugroho <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ++ yup, solusi paling sederhana memang begitu.

Yup juga, memang sederhana sekali, dan ada banyak faktor lain tidak
diperhitungkan. Bukan coding yang baik memang. :-)

> Tapi (CMIIW) dgn cara diatas anda akan sulit utk menghitung selisih antara
> connected(StartTime) & disconnected(StopTime) karena gak ada acuan atau key
> untuk cari tau informasi connected dan disconnected yg mana yg satu pair ( 1
> pasang ).
> Mestinya ditambahin "key" (SessionId) yg unique utk bisa menghitung berapa
> durasi koneksinya. misalnya aja pakai timestamp.

Tanpa Sessionid sebenarnya bisa juga pakai pengecekan sederhana saja
berdasarkan Paired keyword Connected - Disconnected.
Algoritmenya: Baris Connected harus diikuti baris Disconnected. Kalau
Connected langsung
diikuti Connected lagi kesimpulannya session sebelumnya tidak bisa dihitung.
(Antara lain karena listrik mati misalnya).

> Apa enggak lebih sulit jadinya untuk bikin script utk kalkulasi jam
> pemakaiannya ?

Tidak juga. kalau kita pakai format date +%d%t%m%t%Y%tH%t%M%t%S
hasilnya adalah field tanggal, bulan, tahun, jam, menit, detik
dipisahkan oleh Tab.
Selanjutnya kombinasi sed dan gawk tak akan sulit mengidentifikasi
field-field itu.
Tanggal, penting dicatat untuk memperhitungkan waktu saat lewat tengah malam.

> IMHO memang pakai mysql ribet tapi menurut saya jika memang ada kebutuhan
> utk menghitung durasi jam pemakaian lebih enak & akurat, karena utk
> kalkulasi semacam data timestamp sudah disediain toolsnya ama mysql.
> Apalagi ntar dipadukan ama php, jadi lebih siiip dah :)

Masing-masing ada keasyikan tersendiri, ya kan?
Terima kasih pada GNU yang membekali kita dengan peralatan perang yang lengkap.
BTW. Setahu saya di beberapa Distro sudah ada program accounting untuk
keperluan semacam ini. Di SuSE cukup dengan command line
$ accounting <enter>  (tersedia pula banyak options lain)
akan tersaji semua data koneksi internet dialup kita.
Kalau tidak mau repot pake saja yang sudah ada.

> salam,
> -rianu-

salam kembali,
dekrit.