----- Original Message ----- From: "Didin Wardhana" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Friday, August 05, 2005 1:11 PM
Subject: [tanya-jawab] Bagaimana cara aktifkan 3D Intel i915GM

Hi

Saya ada masalah untuk mengaktifkan akselerasi 3D pada laptop Compaq baru saya, chipset grafisnya Intel i915GM shared memory up 64MB.

Ketika install linux saya pakai mode vesa dulu karena bila milih i915 malah blank, kemudian setelah terinstall, saya install DRI (dari download), ternyata direct rendering tetap tak berfungsi, padahal saya sudah install mesa, glx dll. Jalankan glxgears, fpsnya cuma 415,000 fps

Apakah karena berbasis PCI Express bukan AGP dan juga apakah karena share memory?

Saya sudah coba install driver third party seperti : snap-graphics Scitech, jalannya sekitar 438,000 fps pakai glxgears, aduh masih lemot. direct renderingnya masih off.

Kemudian pakai punya Xi graphics, yang ini malah hang.

Ohya xorg.confnya sudah saya utak-atik, option dri, option glx sudah tercantum, device dri juga sudah masuk,

Padahal saya sering pakai aplikasi 3D untuk permodelan.
Tolong deh masukan buatku.

Wah sepertinya nggak ada yang pakai Intel 915 GM atau keluarganya (i810-i865), atau memang grafis intel memang tak laku di komunitas linux sini.