Pengalaman saya,
setelah selesai instalasi Linux di VMWare ... biasanya X windowsnya ga
mau langsung up, harus ngedit dulu
XF86Config atau XOrg.conf nya ...

bagian Screen, Default  Depth nya diset 24 -> saya sesuaikan dgn depth
nya screen windows saya .

Abis itu disimpan, terus X windownya direstart ... baru muncul X nya :D