On Tuesday 30 August 2005 10:29 am, Gunawan Wibisono wrote:
> anggap aja ini OT...
> 1.targetnya apa aja yg mau di translate? listnya!

Target nya, yang pertama adalah guide yang penting intro linux, sag, nag.
kemudian menyusul howto-howto yang penting-penting, kalau bisa resource kita
cukup mungkin bisa translate semua howto, dan ini perlu kerja keras dari
komunitas, listnya mungkin akan saya buat mengacu dari list guide & howto.

> 2. kl di translate apa full indonesia no english use (jd inget ama
> pernyataan Bpk Onno ttg ini masalah)

Sulit sekali translate full indonesia, terutama istilah teknis. jadi kompromi
saja istilah teknis yang artinya tidak ada padanannya secara eksak di bhs
indonesia tidak perlu di translate, contoh nya kernel apakah di translate
menjadi inti ?, protocol apakah bisa di translate menjadi aturan ?

> 3. kita dapet untung apa aja...

Untung secara tidak langsung, anda dapat dokumentasi yang bagus dalam bahasa
indonesia, makin banyak orang yang bisa belajar linux, makin luas pemakaian
linux. jika makin banyak orang pakai linux, makin terbuka peluang usaha.

> 4. lebih baik dalam bentuk buku (biar kt dapet duit) drpd OL... gak dapet
> duit

Ya itu salah satu bentuk usaha bisnis, kenapa tidak. Dengan membuat buku ilmu
linux makin tersebar luas ke masarakat yang belum terjangkau internet.