Halo rekan2,
Bulan July-Agustus 2005 ini sungguh merupakan bulan yang penuh gejolak bagi
ari_stress (baca artikel berjudul "Aku, Linux, dan Open Source - Sebuah
Refleksi). Namun begitu, kini keadaan mulai settled dan ia kembali menuliskan
sebuah artikel mengenai "Menggunakan Yum (Yellowdog Update Manager) untuk
mengadministrasi Package di Fedora Core 4".

Berikut cuplikannya:
Bagi kamu yang biasa menggunakan Mandrake, tentu sudah paham bahwa Mdk
menyediakan sebuah command yang sangat memudahkan untuk administrasi package
yaitu urpmi. Dimana bila kita menggunakan command rpm sendiri saja, maka ada
kemungkinan kita akan direpotkan dengan message bahwa untuk install rpm ini,
diperlukan dependency A, dan untuk install A tersebut, diperlukan dependency
B, dstnya. Hal ini dinamakan 'rpm hell'.

Tapi sekarang tidak lagi. Redhat, dalam hal ini Fedora Project menyediakan
sebuah utility yang dinamakan yum (yellowdog update manager). Dengan
menggunakan utility ini kita bisa menginstall package2 rpm tanpa harus repot
memikirkan dependencynya.

Selengkapnya dapat dibaca di http://linux2.arinet.org

Oya, bagi yang ingin memiliki CD Ubuntu Hoary 5.04 dapat menghubungi saya di
email ini, ntar saya kirim pakai Tiki.
Selamat belajar,
Ilmu Pengetahuan adalah milik bersama.
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | http://linux2.arinet.org
09:27:31 up 59 min, 2.6.11-1.1369_FC4 GNU/Linux