On 9/13/05, Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Salah. SPF bukan ditujukan untuk mencegah spam, tapi utk memudahkan
> pendeteksian forgery yg hanya merupakan sebagian masalah dr
> keseluruhan masalah spam. Silakan dibaca lagi di URL yg anda kasih
> itu.

Ok, sudah saya baca lagi dan sepertinya ini cuman masalah sudut
pandang saja. Sederhananya saya kutipkan contoh cara kerjanya sbb:

Step 1: 192.0.2.2 initiates an SMTP connection, "Hey, I'm sending you
mail from [EMAIL PROTECTED]"
Step 2: receiver MTA performs IP-based authentication, "Hey, do you
know anything about 192.0.2.2?"
Step 3: sender.com has an SPF record, "Why yes; that machine is one of
my outbound mail servers. Please do accept the mail."

Jadi menurut pengertian saya dalam hal ini tergantung juga dari mail
server penerima apakah sudah SPF compliant kalau enggak ya betul
memang bahwa itu tidak mencegah spam masuk.

Dan IMO, SPF ini lebih baik daripada bayesian filter yang sebelum ini
sudah umum dipakai. Karena pada prakteknya email spam tetap saja harus
masuk dulu ke mail server penerima supaya bisa 'dihitung' score-nya
apakah masuk kategori spam atau bukan.