iya ternyata ada error-nya
di /var/log/mail/warnings :
Sep 27 01:53:00 nsjklinux-web postfix/smtp[32651]: warning: relayhost configuration problem: smtp.cbn.net.id

di /var/log/mail/info
Sep 27 01:53:01 nsjklinux-web postfix/smtp[32649]: 35F1ABC423: to=<[EMAIL PROTECTED]>, relay=none, delay=203338, status=deferred (smtp.cbn.net.id: Host not found)

Kaya'nya ada masalah di relayhost-nya ya..
di main.cf itu emang ada :
  disable_dns_lookups = yes
   relayhost = smtp.cbn.net.id
Itu salah dimana ya?

Padahal dari postfix server, smtp.cbn.net.id bisa di ping dan di telnet

Tolong dong

Thx
gugun