> Bagaimana saya mengetahui keberadaan smb-client?
> Apakah saya masih perlu melakukan konfigurasi pada samab server?
> Masih bingung nich :((

kalau cuma untuk akses share di windows, jangankan konfigurasi, bahkan
menginstall samba-server pun tidak perlu.

dan berkaitan dengan akses dari gui, jika ini adalah instalasi default
distro, normalnya libsmbclient yang dibutuhkan sudah terinstall juga
saat anda menginstall konqueror atau nautilus.

untuk memastikan, ketik "locate libsmbclient"
--
-jamal-