----- Original Message -----
From: "Jamaludin Ahmad" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Thursday, October 06, 2005 12:27 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] mail server local kirim ke mail eksternal

> bagaimana cara settingan untuk kirim email ke email eksternal, misal
> yahoo.com atau telkom.
>
> aku membuat mail server menggunakan postfix dan untuk kirim dan tarik
email
> lingkungan local tidak masalah , berjalan lancar.
>
> domain mail server aku kartun.com dan ingin kirim ke email luar seperti
> telkom.net dan cbn.net.id
>
> apa yang aku harus setting di postfix?
> mohon penjelasannya!

kalau udah jalan buat network lokal, berarti sudah gak ada masalah di
setingan postfix.
supaya network dikenal di internet, tentu saja anda harus menggunakan
domain dan ip yang dikenal di internet. yang sepertinya saat ini
tidak, kartun.com masih tersedia dijual oleh eHarta, Malaysia.

--
-jamal-

--
mas jamal!!
terima kasih masukannya dan ada yang mau saya tanyakan lagi saya punya email

-rinto-