On Mon, 2005-10-10 at 10:09, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> mail server yang aku gunakan adalah lokal, dan aku sudah buat untuk masing2
> user mail tersendiri untuk jaringan lokal, dan tidak bermasalah ( bisa
> saling kirim dan terima , dilihat dari mailbox masing2 user di postfix dan
> tidak masalah ) dan aku memiliki 5 email dari cbn dan itu aktif semua (
> setiap hari selalu ada akses kirim & terima email ), dan sekarang mau coba
> ke5 email tersebut keluar melalui mail server lokal yang aku buat! ( baik
> untuk terima atau kirim ), jk postfix hanya smtp saja dan aku hanya bisa
> [...]
--------
++++
Mas [EMAIL PROTECTED]
rasa-rasanya jawaban mas Ronny sudah cukup 'memberi' solusi tuk anda,
coba di'teliti' lagi..ini saya copy pastekan ulang + tambahan dikit:
--------
Seperti saya bilang, Postfix cuma SMTP server aja, jadi dalam kasus
anda cuma ngurusin email keluar aja. Untuk *ambil* email (e.g. lewat
POP3) anda pake program lain yg tidak berhubungan sama Postfix,
misalnya fetchmail atau getmail, atau pake mail client yg support
POP3, misalnya KMail atau Evolution.

++
Account mail(diISP) --> fetchmail --> Mail Srvr Lokal --> MUA
atau
Account Spool(diISP) --> fetchmail+procmail --> Mail Srvr Lokal --> MUA
CMIIW

--------
Di dokumentasinya Postfix ada tuntunan konfigurasi untuk "smarthost"
yg cuma merelay ke ISP atau outgoing gateway utk LAN, tidak *menerima*
email dr luar (kecuali kalo mail servernya jadi MX utk domain anda, yg
rasanya bukan, karena anda ngomong POP segala).

++
MUA --> Mail Srvr Lokal with smarthost --> Mail Server di ISP

mas rmulyanta..
postfix itu SMTP (untuk kirim)
kalo POP3 misalnya qpopper, POP3d dll.....
adalagi IMAP misalnya courier-imap, cyrus-imap dll...
kalo MUA itu spt kmail, mozilla mail, ms outlook dll...

CMIIW
nuhun pisan,
Ag.